Senin, 22 November 2010

HASIL WAWANCARA

Pada tanggal 13 Oktober yang lalu, Bu Mugi memberi tugas mewawancarai salah satu guru yang ada di Al- muslim. Saya dan Putri mewawancarai salah satu guru yang ada di SMP. Disana saya berkenalan dahulu dengan beliau. Beliau bernama Ibu Elis. Beliau sudah mengajar di SMP kurang lebih selama 14 tahun. Di SMP beliau mengajar bidang study PKN untuk kelas 1, 2, dan 3. Disana beliau bercerita kepada kami berdua. Kata beliau menjadi guru itu ada enaknya dan ada tidaknya. Enaknya bisa memberi ilmu kepada orang lain dan bisa bertemu dengan sesama makhluk hidup. Tidak seperti di kantor yang bertemunya dengan komputer dll. Tidak enaknya jadi guru itu ketika anak-anaknya mulai tidak bisa diatur, mengobrol dan asik sendiri khususnya untuk anak laki-laki yang sering bercanda dan ribut sekali. Kadang beliau merasa seperti tidak dihargai dan tidak didengarkan. Sesekali beliau suka menunjukkan muka marah dan jengkel supaya anak-anaknya bisa sadar dan kembali tenang seperti biasa. Walaupun beliau marah, tidak berlangsung lama karena nanti suasana bisa berubah jadi tidak enak dan nyaman.
Sebagai guru, pasti ingin atau mengharapkan anak-anaknya supaya bisa menjadi anak-anak yang sukses dunia akhirat dan menjadi anak sholeh sholehah. Beliau ingin anak-anaknya bisa belajar dengan giat, tidak malas-malasan, terus semangat, tidak mudah putus asa, dan mempunyai target sukses. Yang dimaksud target sukses itu, jadi kita harus mengetahui dan terus memantau nilai kita supaya kita tahu perkembangannya. Jika ada nilai yang kurang baik, bisa diperbaiki lagi supaya bisa baik kembali.
Setelah mendengarkan Bu Elis bercerita, saya jadi menyimpulkan bahwa kita sebagai murid harusnya bisa menghargai dan bisa merasakan enak/tidak nya jadi guru. Ketika guru sedang menerangkan kita sebaiknya diam memahami, karena berada di depan seperti guru itu tidaklah mudah. Bagi yang belum terbiasa berbicara di depan itu sulit. Jadi hargailah dan hormatilah orang yang lebih tua dan dengarkan nasehatnya.
Sekian cerita yang bisa saya tulis. Kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar